-->

Perkembangan Komputer Generasi Ketiga Sampai Generasi Kelima


Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa (Part 2)

Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

Dimulai sekitar tahun 1964-1970an, perkembangan komputer generasi ketiga bisa dibilang sangatlah pesat, ketika pada tahun 1958 ditemukan komponen komputer yang lebih canggih daripada transistor yang cepat panas. Yaitu IC (Integrated Circuit) yang berbentuk chip kecil memiliki performa yang lebih baik daripada transistor. IC ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Jack Kilby, yang sebelumnya ide tentang IC ini telah digagas oleh Geoffrey William Arnold Dummer pada 1952.


Baca juga : sejarah perkembangan komputer generasi pertama dan kedua
IC sebenarnya terdiri dari beberapa komponen seperti resistor, kapasitor, dioda, dan transistor yang telah digabung menjadi sebuah rangkaian yang berbentuk chip kecil. IC pertama yang dibuat oleh Kilby hanya memiliki enam transistor saja, berbeda jauh dengan processor jaman sekarang yang bahkan memiliki miliaran transistor (Intel Core i9 memiliki 30 miliar transistor).

Adapun ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
  • Lebih murah,
  • Membutuhkan listrik yang lebih sedikit dibanding pendahulunya,
  • Dapat menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk),
  • Performa yang jauh lebih baik,
  • Kapasitas memori yang dimiliki jauh lebih besar

  • Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  • Memungkinkan komputer dapat saling berkomunikasi

Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)

Komputer generasi keempat memiliki IC yang lebih kompleks dan terintegrasi jika dibandingkan dengan generasi ketiga. IC pada generasi keempat ini sudah memiliki ribuan transistor, bahkan ditahun 1989, Intel telah merilis processor Intel 468 yang telah memiliki transistor sebanyak 1,2 juta

Pada generasi keempat, komputer sudah mulai menggunakan chip IC, kemudian baru mulai dikembangkan lagi. Oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk mencoba mengerjakan pengembangan tersebut sejak tahun 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen.

Ditahun 1970 mulai ditemukan 2 metode perancangan IC yang memberi pengaruh besar pada pengembangan IC kedepannya. Yaitu Large Scale Integration (LSI). LSI merupakan suatu proses perancangan beribu-ribu IC kedalam chip tunggal. Istilah penyebutan chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan yang berbentuk persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.

Dari LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang mampu menampung puluhan hingga ratusan ribu IC. Kemudian dikembangkan lagi menjadi komputer mikro, yang menggunakan semikonduktor dan mikroprosesor yang berbentuk chip.

Perusahaan Intel dari mulai tahun 1971 telah merilis mikrokomputer 4 bit yang sudah menggunakan chip prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 2300 transistor dan berjalan pada 108-740 KHz dan dapat mengeksekusi hingga 60.000 operasi per detik.

Dan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu memproses 8 bit informasi dalam satu waktu dan mengandung 3.500 transistor.

Beberapa komputer generasi keempat diantaranya adalah Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, Apple I.

Ciri-ciri komputer generasi keempat Adalah:
  • Menggunakan LSI (Large Scale Integration).
  • Mulai dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer

Pada generasi keempat ini, komputer mulai dipasarkan ke perorangan dan muncul istilah PC "Personal Computer" bahkan Laptop juga sudah ditemukan.

Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang)


Pada generasi kelima ini, ukuran komputer semakin kecil namun memiliki kemampuan yang lebih canggih dan lebih baik dari generasi generasi sebelumnya. Pada komputer generasi kelima sudah menggunakan processor dengan arsitektur 64 bit, namun bukan berarti arsitektur  32 bit juga ditinggalkan. Processor di generasi kelima ini telah memiliki puluhan juta transistor, bahkan sudah ada yang mengandung miliaran transistor.

Pada generasi kelima ini, sudah dilakukan upaya pengembangan yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang dapat menggantikan chip. Yang dapat mempunyai kinerja kemampuan memproses trilyunan pengoperasi perdetik, sementara teknologi chip hanya bisa memproses miliaran operasi dalam perdetik.

Komputer pada generasi kelima akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat secara langsung berbicara dengan komputer serta adanya kemampuan dalam penghematan energi komputer. Memiliki Graphic User Interface (GUI), kemampuan Artificial Inteligence, serta multikomunikasi dan multimedia.

Ciri-ciri komputer generasi kelima Adalah:
  • Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki banyak pengembangan
  • Fitur-fitur yang semakin banyak
  • Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat

Comments