-->

Apa itu NFC ? Manfaat NFC Pada Smartphone

Apa itu NFC ?

Mungkin kita sudah mulai tidak asing dengan NFC. Saat ini,  jika ada smartphone keluaran terbaru pertanyaan yang sering muncul adalah "ada NFC-nya gak ?". Pertanyaan ini seakan-akan mengharuskan para perusahaan pembuat smartphone untuk mulai memikirkan keberadaan fitur NFC ini pada smartphone keluaran terbarunya.

Lalu apa sebenarnya NFC itu ?

NFC (Near-field communication) atau jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti Komunikasi jarak dekat merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak dekat dengan memanfaatkan antena untuk menghasilkan medan elektrik atau medan magnetik.

Dalam penggunaan NFC ini dibutuhkan 2 buah perangkat yang kompatibel untuk saling berkomunikasi, satu perangkat berfungsi sebagai transmitter dan satu perangkat lainnya sebagai penangkap sinyal. Komunikasi NFC dapat terjadi karena medan magnetik atau elektrik yang dihasilkan oleh transmitter tadi termodulasi sehingga mampu menghidupkan penangkap sinyal. Transmitter pada NFC biasa disebut perangkat aktif, sedangkan penerima sinyal disebut juga sebagai target pasif.

NFC memungkinkan kita untuk melakukan sesuatu dengan menyentuhkan atau menempatkan perangkat pada layanan elektronik yang kita inginkan selama kedua perangkat kompatibel. NFC bekerja selama dua perangkat yang kompatibel berada pada jarak yang cukup dekat (dalam hitungan centi meter) dan mampu membuat sambungan dalam hitungan detik.

NFC dibangun berdasarkan sistem RFID dan mengizinkan komunikasi dua arah. NFC telah digunakan seperti Google Nexus sejak Nexus S, namun saat itu belum begitu digunakan hingga kemudian Ice Cream Sandwich yang dirilis dengan fitur yang disebut "Android Beam" yang pertama kali diperkenalkan pada Galaxy Nexus.

Manfaat NFC

NFC dapat digunakan untuk transfer file antar smarphone. NFC juga mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless) seperti Samsung Pay atau Apple Pay. Selain itu NFC juga dapat digunakan pada mesin pembayaran digital yang biasa terdapat pada kendaraan umum, atau juga pada gerbang tol. Dan NFC juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat lain ke smartphone, misalnya kamera digital.

NFC sendiri memiliki tiga mode operasi yang berbeda yaitu mode peer-to-peer yang berguna untuk menghubungkan 2 perangkat yang mendukung NFC untuk saling bertukar data. Mode read/write, mode ini bisa digunakan untuk trasmisi data secara satu arah, misal digunakan untuk membaca informasi dari kartu uang elektronik. Kemudian mode  card emulation, mode ini bisa digunakan untuk pembayaran digital. Dengan kata lain dengan mode ini NFC dapat mengubah ponsel menjadi alat pembayaran transaksi keuangan seperti halnya kartu kredit.

Bluetooth atau NFC ?

Pertanyaan yang sering kali muncul adalah jika sudah ada bluetooth mengapa kita perlu NFC ?.  Jawabannya adalah NFC membutuhkan daya yang lebih sedikit dibanding bluetooth dan yang paling utama adalah NFC memiliki kecepatan koneksi yang jauh lebih cepat dibandingkan bluetooth. Meskipun demikian, bluetooth tetap memiliki keunggulan dari NFC seperti jangkauan koneksi yang lebih luas dan kecepatan transfer data yang  lebih cepat.

Comments