-->

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa (Part 1)


Penemu Komputer
Namanya adalah Charles Babbage sang penemu komputer pertama di dunia, melalui temuannya berupa mesin penghitung atau dikenal sebagai Difference Engine. Berkat temuannya ini Charles mendapat julukan sebagai bapak komputer dan The Charles Babbage Foundation didirikan untuk mengenang dan sebagai penghargaan atas jasanya terhadap dunia komputer.

Perkembangan komputer hingga saat ini sangatlah cepat, dari yang mulanya hanya digunakan untuk keperluan berhitung, berkembang menjadi sebuah alat yang mampu mempermudah berbagai urusan manusia. Hingga masa sekarang, disebutkan bahwa sejarah perkembangan komputer sudah sampai pada generasi ke 5.

Lalu bagaimana perkembangan komputer dari generasi ke generasi ?, berikut ini penjelasannya :

Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama disebut dengan nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculation) dibuat pada tahun 1946 dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen utamanya.


Sebenarnya ENIAC sudah dirancang pada tahun 1942, dan mulai dikerjakan di tahun 1943 oleh John Presper Echert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan berhasil diselesaikan pada tahun 1946.

Bentuk komputer pertama ini tidaklah setipis komputer jaman sekarang. Untuk menempatkan satu komputer saja butuh ruangan sebesar 500m² dan menggunakan 18.000 tabung hampa udara yang ukurannya mancapai 1800 kaki persegi setiap tabungnya, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor serta menggunakan 70.000 resistor, berat komputer ini mencapai 30 ton.

Untuk menyalakan komputer ini, setidaknya membutuhkan daya listrik yang begitu besar yaitu sekitar 140 kilo watt. Bahasa mesin merupakan bahasa komputer yang digunakan untuk mengoperasikan komputer ini.

Pada tahun 1945 Von Neuman mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer) dengan sebuah memori untuk menampung program atau pun data. Hal ini memungkinkan komputer dapat berhenti pada saat tertentu dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.

Sistem kerja yang digunakan EDVAC menitik beratkan pada unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Dan ciri-ciri komputer generasi pertama ini adalah CPU

Komputer generasi pertama ini memiliki ciri , yaitu instruksi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu dimana komputer ini tidak dapat memecahkan berbagai masalah dalam satu waktu sekaligus. Meskipun kemampuannya sangat terbatas, namun biaya pembuatan komputer pertama ini mencapai satu juta dollar.

Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama Adalah:
  • Ukuran fisik hardware komputer yang sangat besar, dan butuh ruang yang sangat luas.
  • Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
  • Hanya menggunakan bahasa mesin.
  • Penyimpanan data menggunakan silinder magnetik.
  • Membutuhkan daya listrik yang besar.
  • Daya simpannya kecil.
  • Prosesnya kurang cepat.

Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Pada komputer generasi kedua tidak lagi meggunakan tabung vakum sebagai medianya, melainkan menggunakan transistor yang mampu memaksimalkan kinerja komputer, tidak cepat panas, hemat energi dan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibanding pendahulunya.



Penemuan transistor ini membawah pengaruh besar pada perkembangan komputer saat itu, sebab pada komputer generasi kedua tidak lagi menggunakan komponen-komponen yang ada pada komputer generasi pertama, termasuk pada penggunaan bahasa komputer.

Bahasa komputer yang digunakan pada komputer ini adalah Bahasa Assembly yang jauh lebih mudah, dan dalam perkembangannya bahasa tinggkat tinggi seperti COBOL (Common Business Oriented Language) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai dikembangkan. Dimana bahasa-bahasa pemrograman ini memberikan dampak yang efektif bagi komputer dan memberikan manfaat komputasi yang jauh lebih cepat dan akurat.

Mesin pertama yang menggunakan teknologi komputer generasi kedua ini adalah super. Pada saat itu terdapat perusahaan  teknologi bernama IBM membuat super komputer bernama Stretch, dan perusahaan lainnya yaitu Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.

Komputer-komputer ini,  dikembangkan untuk  keperluan penelitian pada laboratorium energi atom, untuk menangani sejumlah besar data. Namun mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.

Pada awal 1960an, mulai komputer generasi yang kedua yang dapat digunakan di bidang bisnis, pada universitas dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini komputer yang sepenuhnya telah menggunakan Transistor.

Komputer-komputer tersebut juga mempunyai komponen yang dapat digabungkan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini yaitu jenis IBM 1401 yang dapat diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua dalam memproses informasi keuangan bisnis.

Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua Adalah:
  • Dapat menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN.- Kapasitas memori utama telah menggunakan Magnetic Core Storage.
  • Dapat menggunakan penyimpanan luar yang berupa magnetic tape dan magnetic disk.
  • Kemapuan dalam melakukan proses real-time dan real-sharing.
  • Ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
  • Proses operasi jauh lebih cepat dan multi-tasking.
  • Penggunaan daya listrik jauh lebih kecil.
Baca : Perkembangan Komputer Generasi Ketiga Sampai Generasi Kelima

Comments