-->

5 Cara Untuk Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa Tanpa Perlu Menggangu Kuliah

5 Cara Untuk Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa Tanpa Perlu Menggangu Kuliah

 Menjadi Mahasiswa tidaklah seindah yang dibayangkan atau seperti yang ada di TV. Tidak perlu memakai seragam, jadwal kuliah tidak sepadat ketika sekolah, nongkrong kesana-kemari dan hal-hal indah lainnya yang sering muncul dibenak kita ketika masih sekolah.

Pada kenyataannya kuliah bagi beberapa orang dianggap hal sangat berat seperti harus jauh dari orang tua, merantau ke kota, tugas sangat banyak, mebuat laporan berlembar-lembar dan tak ada habisnya. Namun hal yang paling menyulitkan bagi mahasiswa adalah persoalan uang.

Uang, mungkin dianggap sebagai hal sangat penting bagi semua orang di dunia, termasuk juga mahasiswa. Mungkin bagai mahasiswa dari keluarga sultan uang bukanlah masalah, tapi mahasiswa dari keluarga pas-pasan kebawah, uang seringkali menjadi masalah. Harus menunggu kiriman tiap bulan untuk bayar kos, makan-minum dan juga keperluan kuliah.

Mungkin hampir semua mahasiswa pernah kelaparan diakhir bulan karena kehabisan uang. kalau seperti ini, biasanya mereka akan mengandalkan teman yang punya banyak uang, indomie atau puasa selama berhari-hari.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya mahasiswa bisa mengahsilkan uang sendiri tanpa harus mengorbankan jadwal kuliah yang padat, setidaknya kalian bisa menghasilkan uang untuk menambah uang jajan kalian setiap bulan, tanpa harus takut kelaparan.

Berikut ini adalah 5 cara untuk menghasilkan uang bagi mahasiswa tanpa harus mengorbankan kuliah.

1. Asisten Dosen atau Praktikum
Cara pertama adalah menjadi asisten dosen atau asisten praktikum. Menjadi asisten dosen merupakan cara yang sangat bagus untuk menghasilkan uang bagi mahasiswa. Karena selain mendapatkan uang tambahan, kamu juga bisa mendapatkan tambahan ilmu dari dosen atau akan bertambah dengan sendirinya ketika mengajarkan sesuatu kepada orang lain.

Namun untuk menjadi asisten dosen atau praktikum kamu harus cerdas dan memiliki nilai yang bagus. Karena biasanya yang dipilih menjadi asisten dosen adalah mahasiswa yang cerdas, memiliki nilai tinggi dan atau lulus dari tes yang diberikan oleh dosen.

2. Jadi Guru Les
Menjadi guru les bisa jadi pilihan yang cocok bagi kamu yang suka mengajar atau jika kamu mahasiswa dengan background pendidikan. Kamu bisa kuliah sambil memberi les kepada anak-anak disekitar lingkungan kostmu ketika kamu pulang kuliah di sore hari atau pada hari sabtu ahad.

Para orang tua di daerah perkotaan mempunyai kebiasaan untuk memberikan les tambahan kepada anaknya sepulang dari sekolah. Dan mereka biasanya akan mencari mahasiswa untuk memberikan les kepada anak mereka. Dari hasil mengajar les ini, kamu bisa mendapat penghasilan yang lumayan untuk uang jajan mu setiap bulan.


3. Jualan Online/Offline
Berjualan adalah cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang. Tidak perlu berdagang sesuatu yang sampai harus meninggalkan kuliahmu. Kamu bisa mulai dengar berjualan makanan ringan dikelas, jualan baju, sepatu buku dan lain-lain. Semua itu bisa kamu lakukan secara online atau offline.

Jika kamu tidak punya modal untuk memulai usaha dagang mu, kamu bisa menjadi reseller atau memasarkan dagangan orang lain, dengan ketentuan bagi hasil yang kamu sepakati dengan si pemilik barang.

 4. Freelancer Online
Menjadi freelancer online biasanya dijadikan sebagai mata pencaharian utama bagi orang-orang yang bekerja dibidang IT. Hal ini dikarenakan selain tidak harus kekantor alias bisa dikerjakan dari rumah, penghasilan yang diperoleh dari menjadi seorang freelancer cukuplah besar.

Nah bagi kamu yang masih mahasiswa terutama mahasiswa dibidang IT, kamu bisa mulai mencoba untuk menjadi freelancer dengan mengambil proyek kecil-kecilan sehingga tidak begitu menggangu kuliahmu.

Namun bukan berarti hanya mahasiswa IT saja yang bisa menjadi freelancer, mahasiswa non IT pun bisa menjadi freelancer. Misalnya menjadi penulis, mengolah data statistik dan lain lain. Kalian bisa mencari pekerjaan-pekerjaan tersebut di web projects.co.id,  freelancer.com dan masih banyak web lainnya yang menyediakan jasa freelancer. Tapi perlu diingat kemu harus pandai-pandai mengajukan penawaran karena kamu akan memiliki banyak saingan.

5. Blogger
Menjadi blogger bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang suka menulis di blog. Kamu bisa memposting tulisan-tulisan kamu di blog dan kemudian memasang iklan di blog mu seperti misalnya google adsense. Ini bisa menjadi pilihan sangat bagus apalagi jika blogmu memiliki traffic yang cukup bagus.

Tentu menjadi blogger, selain melatih skill menulismu, menulis diblog juga bisa menambah pengetahuanmu terhadap pelajaran kuliahmu jika yang kamu tulis kedalam blogmu adalah rangkuman dari hasil kuliahmu, atau hasil penelitianmu dari buku maupun jurnal.

Demikian beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan uang ditengah-tengah kesibukan kuliahmu. Tapi yang perlu kamu ingat adalah tujuan utama mu adalah kuliah menimba ilmu dan menyelesaikan pendidikkanmu.

Ada banyak cara halal untuk menghasilkan uang selama kamu kuliah selama kamu masih ingin berusaha dan tidak malas-malasan, dan selama kamu masih mengutamakan kebutuhanmu daripada kehedonisme-an kamu akan tidak akan begitu kelaparan diakhir bulan.

Yang perlu kamu ingat adalah orang tua mu berharap kamu segera menjadi sarjana agar mereka tidak begitu khawatir dengan kehidupanmu jika mereka sudah tiada.

Sekian dan terima kasih.

Comments