;

Tutorial PHP : Menampilkan Data Dari Database Dengan mysqli_multi_query()


caption

Kali ini saya akan berbagi tutorial bahasa pemrograman php dan mysqli khususnya tentang bagaimana menggunakan fitur mysqli_multi_query().

Fungsi ini digunakan apabila kita memiliki beberapa query yang ingin dieksekusi bersamaan, misalnya kita punya 3 query untuk menampilkan data dari 3 tabel berbeda.

Sebenarnya kita bisa saja menggunakan fungsi mysqli_query() saja sebanyak apapun query yang dieksekusi. Namun tentu hal tersebut bukanlah hal yang efisien. Karena dari segi penggunaan memori akan lebih efisien(lebih sedikit) jika menggunakan perintah mysqli_multi_query() jika dibandingkan dengan mysqli_query().

Mungkin teman-teman berfikir mungkin perbedaan penggunaan memorinya tidak terlalu beda jauh. Yah memang jika datanya sedikit, tapi coba bayangkan jika data yang dieksekusi ada banyak ribuan misalkan. Butuh berapa lama waktu untuk mengeksekusinya tentu akan terlihat perbedaan yang cukup signifikan.

Perlu diketahui untuk penggunaan perintah multi_query() terdapat beberapa fungsi yang biasanya mengikut pada perintah mysqli_multi_query() ini, yaitu :


mysqli_store_result()
mysqli_free_result()
mysqli_more_results()
mysqli_next_result()



ok langsung saja berikut ini adalah contoh codingnya :



Bisa juga untuk mengeluarkan data menggunakan sintaks berikut :



Mudah bukan, silahkan pilih mana syntaks yang paling mudah anda pahami.
Sekian dari saya Wassalamu Alaikum Wr Wb.

2 comments

  1. lumayan tutorial nya
    thanks gan

    1. sama sama