;

Membuat nomor halaman dengan jenis angka yang berbeda pada microsoft word


Membuat nomor halaman dengan jenis angka yang berbeda pada microsoft word

Assalamu alaikum Wr Wb.


Kali ini saya akan memberi tutorial untuk membuat nomor halaman dengan jenis angka yang berbeda pada halaman yang diinginkan. Misalnya ketika anda membuat sebuah laporan atau makalah, tentu nomor halaman pada bagian daftar isi dengan isi laporan(bab 1, bab 2 dan seterusnya) memiliki jenis angka yang berbeda.

Biasanya pada bagian daftar isi digunakan nomor halaman dengan format angka romawi : i, ii, iii, iv dan seterusnya. Sedangkan pada bagian isinya(bagian utama laporan) biasanya menggunakan angka arab yaitu 1, 2, 3, 4 dan seterusnya.

Ok langsung saja ikuti langkah langkah berikut :

1. Pada tab home klik tombol show/hide. Atau bisa dengan menekan tombol kombinasi ctrl+shift+*. Gunanya untuk menampilkan mode debug(sorry ane juga gak tau namanya, Cuma ane sebutnya gitu, wajarlah programmer newbie J). Nantinya akan muncul titik hitam atau tanda hitam(gunanya untuk mengetahui bagian mana saja merupakan hasil Tab, spasi, enter dan sebagainya)




2. Kemudian arahkan kursor pada batas akhir dari angka romawi yang anda inginkan. Atau batas antara angka romawi dengan angka arab.


 
3. Kemudian pada tab layout pilih breaks, maka akan muncul menu dropdown. Pilih next page



4. Maka akan muncul tulisan section break tepat diposisi kursor yang anda letakkan tadi. . ini merupakan batas halaman yang akan diberi nomor halaman angka romawi.



5. Kemudian arahkan kursor di footer halaman yang akan anda beri nomor halaman dengan angka roamwi(ini akan menjadi halaman awal dengan nomor “ i ”).



6. Pilih tab layout atau tab insert pilih page number, kemudian pilih bottom page, dan pilih plain number 2, untuk meletakkan nomor halaman di bagian bawah halaman dan tepat ditengah




7. Jika jenis angka yang muncul tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Misal anda menginginkan angka romawi tapi yang muncul angka arab, anda dapat memilih page number format, kemudian silahkan pilih jenis angka yang anda inginkan, kemudian ulangi langkah 6.




8. Setelah mengikuti langkah di atas, maka akan muncul angka “i” pada halaman awal.


9. Perhatikan page number otomatis akan dimasukkan berurutan dan berakhir tepat pada halaman yang di beri section break tadi.



10. Kemudian klik 2 kali header pada halaman isi (halaman awal yang akan diberi angka arab). Kemudian non aktifkan(apabila menyala) link to previous agar tidak mengikuti format page number halaman sebelumnya.



11. Kemudian masukkan angka arab dengan memilih page number, kemudian top of page, kemudian memilih plain number ke 3.




12. Maka hasilnya akan muncul, angka arab(nomor 1) muncul tepat di pojok kanan atas.


13. Karena biasanya angka pada halaman bab 1(misalnya), biasanya berada tengah bagian bawah footer. Tetapi halaman selanjutnya (misal hal 2, 3 dst) letaknya di pojok kanan atas. Atau intinya halaman awal dari bagian isi letak nomor halamannya beda dengan halaman selanjutnya. Maka pilih tab design(pastikan anda telah mengklik 2 kali header atau footer halaman yang anda inginkan/ atau halaman awal isi laporan). Kemudian pilih different first page



14. Kemudian masukkan lagi page number pada halaman tersebut, pilih bottom page kemudian pilih plain number 2.



15. Selesai,

Sekian yang bisa saya sampaikan, jika anda kurang paham silahkan tanyakan dihalaman komentar. Jika banyak kurang paham insya Allah saya akan buat video tutorialnya.

Wassalamu Alaikum Wr Wb.


1 comment

  1. Appreciate yyour blog post