-->

Mengenal SSL (Secure Socket Layer) Untuk Keamanan Website

.

SSL atau Secure Socket Layer merupakan sebuah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi data pada website dengan memanfaatkan teknologi enkripsi. Saat ini SSL menjadi standar industri untuk menyatakan sebuah web aman atau tidak, yaitu dalam melindungi transaksi data yang ada dalam website tersebut.

Jika kalian belum familiar dengan kata SSL, tapi mungkin kalian sudah pernah dengar istilah http:// dan htpps:// , nah jika iya, suatu website yang terlindungi dengan SSL akan memiliki https:// di domainnya, sedangkan yang tidak menggunakan SSL hanya http:// saja. Selain itu pada website yang terlindungi oleh SSL, akan memiliki tanda gembok disamping alamat urlnya.Sedangkan webiste tanpa SSL akan memiliki gembok yang diberi garis merah secara menyilang.
web yang terlindungi SSL


web tanpa SSL


Lalu bagaimana cara melindungi website kita dengan menggunakan SSL? atau bagaimana cara mendapatkan sertifikat SSL? jawabannya adalah dengan cara membeli sertifikat SSL, silahkan cari di google untuk tempat membelinya. Akan tetapi ketika anda membeli sebuah paket hosting, biasanya sudah dilengkapi dengan sertifikat SSL.

Lalu bisakah membuat sertifikat SSL sendiri ? bisa, silahkan baca Membuat sertifikat SSL sendiri

Manfaat menggunakan SSL adalah
  • komunikasi data pada website lebih aman, karena data akan di engkripsi, sehingga hanya pengirim lah yang tau data yang dikirim. SSL menjadi sangat penting jika didalam website terdapat transaksi yang membutuhkan kartu kredit dan data berharga lainnya.
  • meningkatkan rasa percaya dari pengunjung web akan keamanan data mereka, sehingga dapat meninkatkan traffic website.
  • SEO web yang menggunakan SSL/https  lebih baik daripada web http atau tanpa SSL (masih perlu dibuktikan)
terima kasih

Comments