-->

Cara Membuat Helper Sendiri di Laravel

Cara Membuat Helper Sendiri di Laravel


Laravel telah menyediakan banyak fungsi helper bawaan yang dapat anda panggil dimana saja didalam aplikasi projek anda. Helper-helper tersebut dapat membantu anda untuk menangani hal-hal seperti arrays dan objects, paths, strings, URLs dan lain-lain.



Helper bawaan tersebut dapat anda temukan dokumentasinya di link berikut helpers laravel

Namun, ternyata anda dapat membuat fungsi helper anda sendiri, dimana fungsi tersebut akan mempermudah anda dalam melakukan pengembangan aplikasi.

Berikut ini adalah cara untuk membuat helper di laravel.

1. Membuat file Helper

Pada bagian ini, anda dapat membuat file helper bernama Helper.php  di dalam folder app/. Namun, agar lebih rapih, ada baiknya jika anda membuat folder baru didalam folder app/ tadi, bernama Helpers. jadi hasilnya akan menjadi app/Helpers/Helper.php.

kemudian tambahkan kode berikut


Jika anda membuat class sebagai helper anda, maka tambahkan namespace App\Helpers; pada bagian atas nama class anda.

2. Cara menggunakan file Helper yang telah Anda buat
Sebelum menggunakan Helper yang telah kita buat, maka kita perlu meng-autoloadkan file Helper tersebut, agar Helper dapat di panggil secara langsung dimana saja.Berikut ini beberapa cara meng-autoloadkan Helper yang telah kita buat.

- Anda dapat melakukan autoload file Helper dengan menggunakan composer.
- Anda juga bisa menggunakan Laravel service provider untuk mendaftarkan file Helper anda.
- Anda juga dapat menggunakan package untuk memanggil fungsi Helper anda.

a). menggunakan Composer
Cara pertama untuk meng-autoload-kan / menggunakan Helper buatan anda adalah dengan menggunakan bantuan Composer. Anda dapat melakukannya dengan membuka file composer.json yang ada di projek Laravel anda, lalu mendaftarkan Helper yang anda buat tadi pada bagian autoload. setidaknya hasilnya akan seperti berikut :

Setelah mendaftarkan helper anda di dalam comopser, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengetikkan perintah composer dump-autoload pada terminal di dalam projek Laravel anda. selesai.

b).menggunakan Service Providers
Cara kedua adalah dengan menggunakan Service Providers. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat file HelperServiceProvider dengan cara mengetikkan perintah  php artisan make:provider HelperServiceProvider. Setelah file HelperServiceProvider berhasil dibuat, buka file tersebut, lalu ubah fungsi register yang ada didalamnya menjadi seperti berikut :

Kemudian buka file app.php yang terdapat didalam folder config, kemudian tambahkan baris kode berikut didalam providers array : App\Providers\HelperServiceProvider::class,
Selesai

c). menggunakan Package
Cara ini dapat anda lakukan dengan menggunakan bantuan package https://github.com/browner12/helpers/, untuk menggunakannya dapat anda lakukan dengan menginstallnya terlebih dahulu menggunakan composer, ketikkan perintah berikut ini di terminal anda : composer require browner12/helpers kemudian tambahkan kode browner12\helpers\HelperServiceProvider::class, di providers array pada file app.php yang terdapat di folder config

3. Menggunakan Helper yang telah dibuat
Anda dapat menggunakan/memanggil Helper yang anda buat tadi dimana saja, misal di dalam route, controller maupun dalam file blade. Misal berikut ini saya memanggil helper didalam route yang terdapat di file routes/web.php :


Demikianlah tutorial cara membuat helper sendiri di Laravel, jika ada yang dibingungkan silahkan komen di bawah.
Sekian dan terima kasih, wassalamu alaikum

Comments