;

Belajar Phyton, Menginstall Anaconda Phyton dan Menggunakan Jupyter

Belajar Phyton, Menginstall Anaconda Phyton dan Menggunakan Jupyter



Assalamu Alaikum Wr. Wb
Anaconda adalah sebuah aplikasi yang terdiri dari berbagai package dan tool untuk melakukan pengembangan aplikasi menggunakan bahasa Phyton.

Penggunaan Anaconda cukup User Friendly jika dibandingkan dengan aplikasi bawaan dari Phyton yang juga belum terinstall package yang dibutuhkan.

sedangkan dengan Anaconda sudah tersedia berbagai package bawaan, seperti Jupyter, Numpy, Pandas, Spyder dan berbagai package lainnya.

Untuk mendapatkan aplikasi Anaconda anda dapat mengklik link ini.
Silahkan download dan kemudian install seperti Aplikasi pada umumnya.

Jika sudah selesai menginstal, silahkan jalankan aplikasinya dan akan muncul tampilan berikut.



Disini kita akan mencoba menggunakan Jupyter untuk melakukan coding sederhana melalui browser. klik launch pada pilihan Jupyter. maka akan muncul tampilan seperti berikut :



Diatas merupakan tampilan halaman browser, ketika kita menjalankan Jupyter, maka browser akan terbuka dan menampilkan halaman diatas, anda bisa memilih difolder mana projek akan disimpan , atau anda bisa juga membuat folder baru, dengan memilih pilihan dropdown di sebelah kanan.



Jika sudah membuat folder baru, silahkan klik folder tersebut untuk masuk kedalamnya.



Kemudian silahkan buat file baru untuk memulai membuat program/coding, dengan memilih pilihan Phyton 3 di dropdown sebelah kanan tadi. maka otomatis halaman untuk mengetik program akan terbuka.



Silahkan buat program sederhana anda kemudian run dengan cara mengklik tombol run yang ada di menu atas.

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat.
Terima kasih

Comments