;

Sekilas Tentang Java SDK dan Netbeans


Pengenalan Java SDK dan Netbeans


1. Java JDK
Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsysytems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan.

Kita lebih menyukai Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:

- Programming-language specification
- Application-programming interface
- Virtual-machine specification


JDK (Java Development Kit), dengan kata sederhana ini berisi program-program (seperti javac yaitu program untuk meng-compile kode sumber) untuk membantu Anda mengembangkan / menuliskode Java. Seperti halnya JRE, JDK juga memiliki JVM di dalamnya.

Adapun SDK ( kumpulan dari tools yang dibutuhkan untuk membuat serta menjalankan program) dan didalamnya terdapat JRE dan JDK.

2. Netbeans
NetBeans mengacu pada kedua kerangka platform untuk aplikasi desktop Java, dan sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk pengembangan dengan Java, JavaScript, PHP, Python, Ruby, Groovy, C, C + +, Scala, Clojure, dan lain-lain.

NetBeans IDE ditulis dalam Java dan berjalan di mana-mana di mana JVM yang diinstal, termasuk Windows, Mac OS, Linux, dan Solaris. Sebuah JDK diperlukan untuk pengembangan fungsionalitas Jawa, tetapi tidak diperlukan untuk pembangunan di bahasa pemrograman lain.

Platform NetBeans memungkinkan aplikasi untuk dikembangkan dari satu set komponen perangkat lunak moduler yang disebut modul. Aplikasi berbasis platform NetBeans (termasuk IDE NetBeans) dapat diperpanjang oleh pengembang pihak ketiga.

Comments