;

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak



Assalamu alaikum wr wb.
Anda  anak informatika pasti anda tau dengan RPL, yah RPL merupakan salah satu konsentrasi dalam prodi teknik informatika Selain Sistem Operasi. Berikut ini penjelasan tentang RPL dan Bagaimana sebuah Software dibangun dan metode yang digunakan. selamat membaca

Rekayasa perangkat lunak adalah disiplin teknik yang berkaitan dengan semua aspek produksi perangkat lunak.  Atribut penting produk perangkat lunak adalah perawatan, kehandalan dan keamanan, efisiensi dan kegunaan.

Kegiatan tingkat tinggi dari spesifikasi, pengembangan, validasi dan evolusi adalah bagian dari semua proses perangkat lunak. Pengertian dasar rekayasa perangkat lunak secara universal berlaku untuk semua jenis pengembangan sistem.

Ada berbagai jenis sistem dan masing-masing membutuhkan alat rekayasa perangkat lunak dan teknik bagi perkembangan mereka. Ide-ide dasar rekayasa perangkat lunak berlaku untuk semua jenis sistem perangkat lunak.            
             
Persyaratan rekayasa adalah proses pengembangan spesifikasi perangkat lunak.
Desain dan implementasi proses diperhatikan dengan mengubah spesifikasi persyaratan ke dalam sistem perangkat lunak yang dieksekusi. 

Validasi perangkat lunak adalah proses pengecekan bahwa sistem sesuai dengan spesifikasinya dan memenuhi kebutuhan riil dari pengguna sistem. Evolusi software terjadi ketika Anda mengubah sistem perangkat lunak yang ada untuk memenuhi persyaratan baru. 

Perangkat lunak ini harus berkembang agar tetap berguna. Metode Agile atau metode inkremental merupakan pembangunan yang fokus pada perkembangan yang cepat, sering rilis dari perangkat lunak, mengurangi overhead proses dan menghasilkan kode berkualitas tinggi. 

Mereka melibatkan pelanggan secara langsung dalam proses pembangunan. Keputusan apakah akan menggunakan agile atau pendekatan rencana-yang didorong untuk pembangunan harus tergantung pada jenis perangkat lunak yang dikembangkan, kemampuan tim pengembang dan kebiasaan perusahaan mengembangkan sistem.

Pemrograman ekstrim adalah metode agile yang terkenal yang mengintegrasikan berbagai praktek pemrograman yang baik seperti sering rilis dari perangkat lunak, perbaikan perangkat lunak terus-menerus dan partisipasi pelanggan dalam tim pengembangan.                                     

Kemampuan khusus dari pemrograman ekstrim adalah pengembangan tes otomatis sebelum fitur program yang dibuat. Semua tes harus berhasil mengeksekusi ketika kenaikan terintegrasi ke dalam sistem.

Metode Scrum adalah metode agile yang menyediakan kerangka kerja manajemen proyek. Hal ini berpusat putaran satu set sprint, yang jangka waktunya tetap pada saat selisih sistem dikembangkan.

Scaling merupakan metode agile untuk sistem yang besar dan sulit. Sistem yang besar perlu user interface dan beberapa dokumentasi. Persyaratan untuk sistem perangkat lunak untuk menetapkan sistem apa yang harus digunakan dan menentukan kendala pada operasi dan implementasi. 

Persyaratan fungsional adalah pernyataan dari layanan sistem yang harus menyediakan atau deskripsi tentang bagaimana beberapa perhitungan harus dilakukan. Kebutuhan non-fungsional sering menjadi kendala sistem yang sedang dikembangkan dan proses pembangunan yang digunakan. 

Mereka sering berhubungan dengan sifat yang muncul dari sistem dan karena itu berlaku untuk sistem secara keseluruhan. Dokumen persyaratan perangkat lunak adalah pernyataan yang disepakati sebagai persyaratan sistem. Perlu diatur sehingga baik pelanggan sistem dan pengembang perangkat lunak dapat menggunakannya.

Proses rekayasa persyaratan adalah proses berulang-ulang termasuk persyaratan elisitasi, spesifikasi dan validasi. Persyaratan elisitasi dan analisis adalah proses berulang-ulang yang dapat direpresentasikan sebagai spiral kegiatan - persyaratan penemuan, klasifikasi persyaratan dan organisasi, persyaratan negosiasi dan persyaratan dokumentasi. 

Anda dapat menggunakan berbagai teknik untuk kebutuhan elisitasi termasuk wawancara, skenario, penggunaan-kasus dan etnografi. Validasi persyaratan adalah proses pemeriksaan persyaratan untuk validitas, konsistensi, kelengkapan, realisme dan pemastian.

Perubahan bisnis, organisasi dan teknis pasti menyebabkan perubahan pada persyaratan untuk sistem perangkat lunak. Persyaratan manajemen adalah proses mengelola dan mengendalikan perubahan ini.

1 comment

  1. good