-->

Seperti Inilah Tampilan dan Sejarah Website Pertama di Dunia



Tahukah kamu apa website pertama di dunia?
Sebahagian besar orang pasti tau apa itu internet, atau setidaknya sudah pernah menggunakan internet.

Teknologi yang satu ini seakan sudah menjadi kebutuhan primer manusia, bahkan tidak sedikit orang yang sangat sulit untuk berpisah dengan internet.

Di internet orang biasanya mengunjungi website tertentu misalnya Youtube, Instagram, Facebook dan lain-lain, atau juga bermain game online.

Dilansir dari internetlivestats.com, saat ini terdapat 1,7 miliar lebih website di seluruh dunia dan selalu bertambah di setiap detiknya. Sedangkan jumlah pengguna internet terdapat 4 miliar lebih pengguna dan selalu bertambah tiap detiknya.

Dari jumlah website yang sudah mencapai miliaran saat ini, pernahkah ada bertanya apa website pertama yang dirilis di internet ?

Website pertama di dunia adalah sebuah website dengan alamat domain http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html, website ini diluncurkan pada tanggal 6 agustus 1991 di sebuah laboratorium Fisika di Jenewa, Swiss dan merupakan bagian dari projek World Wide Web yang digagas oleh Timothy John Berners-Lee.

Tampilan web pertama ini sangat sederhana hanya berupa tulisan dengan background putih dan webnya pun masih bersifat statis.
http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html


Pada peluncuran website pertama ini, Berners Lee hanya mengumumkan website buatannya ini ke sebuah protokol komunikasi antar komputer yang bernama Usenet. Dan pada 23 Agustus website ini mendapat pengunjungnya yang pertama.

Ide pembuatan web ini bermula ketika Berners Lee melihat bahwa para ilmuwan fisika di laboratorium tempatnya bekerja di CERN, sebuah Laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa, Swiss membutuhkan teknologi untuk membagikan data yang mereka miliki. Dari sini kemudian lee mengusulkan proyek hypertext global, dikenal sebagai World Wide Web.

Berners-Lee menulis sebuah proposal pada Maret 1989 mengenai database hypertext besar. Meskipun proposal itu hanya menarik keuntungan yang kecil,Lee mendapat dorongan dari bosnya, Mike Sendall, untuk mulai menerapkan sistemnya pada workstation.

Timothy Berners Lee
Hingga pada tahun 1990, Berners-Lee telah membangun semua alat yang diperlukan untuk membuat sebuah website bekerja yaitu HyperText Transfer Protocol (HTTP), HyperText Markup Language (HTML), web browser pertama yang bernama World Wide Web sekaligus sebagai web editor, web server pertama httpd.

Akhirnya berkat kontribusinya yang luar biasa ini, Berners lee mendapatkan gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya

Comments