;

Mengubah Format Tanggal di Laravel Menjadi Bahasa Indonesia dengan library Jens Segers

Mengubah Format Tanggal di Laravel Menjadi Bahasa Indonesia dengan library Jens Segers


Untuk memanipulasi tanggal di Laravel, sebenarnya sudah tersedia library bawaan dari Laravel untuk mengelolanya yaitu Carbon. Librari ini merupakan turunan dari built-in class DateTime dan berfungsi untuk memudahkan manipulasi tanggal dan jam dalam PHP.



Namun, disini saya tidak akan menggunakan Library Carbon tersebut, melainkan sebuah library bernama date yang dikembangkan oleh Jens Segers.

awal mula saya menemukan library ini adalah ketika saya mencoba menampilkan tanggal hari ini dengan format "08 Januari 2019" (nama bulan menggunakan bahasa Indonesia) dengan menggunakan library Carbon, namun tidak berhasil. Cukup lama saya mencarinya, namun tidak berhasil.

Setelah seharian saya mencari-cari akhirnya saya menemukan library Date buatan Jens Segers di salah satu komentar di Postingan Medium

ini linknya : https://medium.com/@arvernester/

Nah dari situ kemudian problem saya selesai. Menurut saya cukup mudah untuk menggunakan library ini dibandingkan Carbon.

Untuk penggunaanya silahkan ikuti langkah langkah berikut :
Instal library menggunakan composer dengan mengetikkan perintah berikut ini pada terminal.
composer require jenssegers/date

Kemudian buka config/app.php dan tambahkan kode berikut ini pada bagian providers
Jenssegers\Date\DateServiceProvider::class,

Selesai.
Sekarang anda tinggal menggunakannya,
Berikut ini adalah contoh code untuk menampilkan tanggal hari ini (date now)

untuk tutorial lebih lanjut silahkan kunjungi akun github jens segers
Sekian dan terima kasih.

2 comments

  1. mantap gan

  2. makasih gan infonya alhamdulillah work