;

Pengenalan Helper dan cara membuat Helper pada CodeIgniter 3.1.7


Pengenalan Helper dan cara membuat Helper pada CodeIgniter

 



Pengertian Helper

Helper merupakan sebuah fungsi untuk melakukan suatu tugas tertentu pada CodeIgniter. Helper ini biasanya digunakan jika kita ingin membuat suatu fungsi yang selalu digunakan secara berulang ulang dan bisa di panggil oleh seluruh Class Controller yang ada pada projek CodeIgniter Anda.

Misalnya Anda ingin membuat fungsi untuk mengatur notifikasi sukses atau gagal pada sistem, atau fungsi untuk menggenerate kode/NIP karyawan secara otomatis, dan fungsi fungsi lainnya.

Jika merujuk pada web CodeIgniter, Helper di artikan sebagai setiap file pembantu yang berisi fungsi fungsi dalam kategori tertentu.

Perbedaan Helper dan Controller

Helper sendiri berbeda dengan Controller. Controller terdiri dari Class dan fungsi, sedangkan Helper hanya berupa fungsi saja.

Contoh Helper pada CodeIgniter

Berikut ini adalah contoh helper untuk membuat notifikasi sukses atau gagal setiap kali user melakukan operasi tertentu, seperti menambah data atau menghapus data.

Yang perlu kalian perhatikan di sini, saya menggunakan template bootstrap(template AdminLTE) untuk desain user interfacenya.

  1. Pertama kalian harus membuat sebuah file baru pada folder Aplication/helpers/.
  2. Beri nama file tersebut dengan nama "notifikasi_helper.php".

kemudian tuliskan code berikut ini :


Nama fungsi di sesuaikan dengan nama file tanpa menuliskan "helper". Misal nama filenya "notifikasi_helper.php", maka nama fungsinya menjadi "notifikasi".

Kemudian lakukan pemanggilan fungsi helper, dimana kalian membutuhkan helper tersebut.
Misal saya ingin memanggil helper pada file  UserController tepatnya pada fungsi hapus.
silahkan perhatikan code berikut :


Nah pada code di atas helper di panggil sesuai dengan nama fungsinya, bukan nama filenya. Nama fungsi tersebut dapat anda panggil di file Controller manapun, sesuai dengan kebutuhan anda.

Namun sebelum, menggunakan helper tersebut, Kalian harus melakukan inisialisasi helper terlebih dahulu. Caranya ada dua yaitu.

Pertama, dengan menuliskan code


pada tiap Controller dimana helper akan di gunakan, pada contoh saya menyimpannya pada fungsi Construct, agar helper otomatis jalan ketika Class di gunakan. 

Dengan cara ini, helper hanya akan berfungsi atau dapat dipanggil pada Class Controller yang melakukan inisialisasi.

Kedua, yaitu dengan menambahkan nama helper pada file autoload.php. Letaknya yaitu di folder Application/config/autoload.php
buka file autoload.php, lalu cari code 
"$autoload['helper'] = array('namahelper');"
misal
$autoload['helper'] = array('notifikasi');
Dengan cara ini, kalian tidak perlu melakukan inisialisi pada tiap Class Controller, tapi cukup dengan melakukan pemanggilan nama fungsi helper, maka helper sudah dapat digunakan.

Berikut ini adalah contoh hasil dari code singkat yang telah saya buat di atas.

hasil code

Sekian tutorial helper CodeIgniter dari saya, silahkan bertanya jika ada yang ingin kalian tanyakan

Wassalamu Alaikum Wr. Wb

Comments