;

Framework PHP paling populer di Stack Overflow yang patut anda coba untuk membangun Website

Framework PHP paling populer di Stack Overflow yang patut anda coba untuk membangun Website

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Framework merupakan sesuatu yang pasti tidak asing bagi para programmer, karena dalam mempermudah dalam membuat suatu aplikasi, seorang programmer membutuhkan sebuah framework untuk membuat proses koding jauh lebih mudah.



Framework sendiri merupakan sebuah software(atau kumpulan skrip) yang dibuat untuk memudahkan para programer dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Biasanya framework terdiri dari Class, Fungsi dan lain lain yang dapat digunakan oleh para programmer untuk melakukan banyak hal sesuai kebutuhannya.

Ada banyak sekali framework yang tersedia saat ini, terutama dalam dunia programming Web. Oleh karena itu disini saya akan bahas beberapa Framework pemrograman Web khususnya bahasa PHP yang patut kalian coba.

Tingkat kepopuleran Framework berikut ini, berdasarkan pada jumlah tag pertanyaan pada situs stackoverflow pada tanggal 27-02-2018.

1. laravel


Laravel merupakan framework PHP yang dibuat oleh Taylor Otwel dan dirilis pada tahun 2011, berdasarkan jumlah tag yang terdapat pada situs stackoverflow (27-02-2018) Laravel menempati urutan pertama sebagai Framework paling populer di dunia dengan jumlah untuk tag "laravel" mencapai 81824 tag. Tentunya angka itu akan bertambah jika di jumlahkan dengan tag laravel lainnya (seperti tag laravel-5.3,laravel-5.2 dan lain lain).

Komunitas framework ini pun cukup banyak, tidak hanya di luar negeri, bahkan juga di Indonesia. Di Indonesia sendiri Laravel menjadi Framework paling populer(banyak digunakan) saat ini. Dan menurut pengamatan penulis sendiri, saat ini Framework Laravel merupakan Framework yang paling mudah ditemui tutorialnya, baik dalam bahasa inggris maupun dalam bahasa Indonesia.

Laravel memiliki banyak fitur yang memungkinkan proses pengembangan aplikasi cepat. Laravel memiliki mesin templating ringan yang disebut "Blade", sintaks elegan yang memfasilitasi tugas yang sering kalian perlu lakukan, seperti Authentikasi, sessions, queueing, caching dan routing.

2. CodeIgniter


CodeIgniter adalah framework PHP yang cukup ringan, di buat oleh Rick Ellis dan dirilis pada tahun 2006. CodeIgniter memiliki proses instalasi yang sangat mudah yang hanya membutuhkan konfigurasi minimal, sehingga bisa menghemat banyak kerumitan hal ini tentunya berbeda dengan Framework PHP kebanyakan.

Penggunaan CodeIgniter sendiri tidak sepenuhnya harus berdasar pada pola pengembangan MVC seperti Framework lainnya. Penggunaan kelas Controller memang suatu keharusan, tetapi untuk penggunaan Model dan View hanya bersifat opsional.

Saat ini Codeigniter menempati posisi kedua sebagai Framework paling populer didunia berdasarkan jumlah tag pada situs stackoverflow dengan jumlah tag "CodeIgniter" sebanyak 58148 tag.

Menurut penulis, CodeIgniter merupakan Framework PHP terpopuler yang paling mudah untuk di pelajari dan paling recomended buat pemula. Kalian tidak perlu khawatir masalah tutorial, karena saat ini tersedia banyak sekali tutorial baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia yang tersedia di Internet. Menurut penulis CodeIgniter adalah Framework PHP yang paling populer urutan kedua di Indonesia setelah Laravel.

3. Symfony



Framework Symfony di buat oleh Fabien Potencier dan dirilis pada bulan oktober 2005. Symfony merupakan sebuah framework cukup lengkap, didesain untuk mengoptimalkan pengembangan aplikasi berbasis web dengan menyediakan beberapa fitur-fitur andalan yang dapat mempermudah programmer.

Bahkan Laravel sendiri menggunakan beberapa komponen Symfony sebagai dasar dari semua kode program di dalam Laravel. Symfony pun digunakan oleh beberapa content management system seperti Drupal dan Joomla. Symfony juga digunakan oleh e-commerce engine seperti Magento.

Saat ini framework Symfony menempati urutan ketiga sebagai framework PHP paling populer di situs Stack Overflow dengan jumlah tag pertanyaan sebanyak 55582 tag dengan tag "Symfony".

penulis sendiri belum pernah mencoba Framework ini jadi kurang bisa memberikan pendapat tentang framework ini. Dan sepertinya penggunaan Framework ini di Indonesia, tidak sepopuler Laravel dan CodeIgniter.

4. CakePHP



Pembuatan framework CakePHP dimulai pada April 2005, Dibuat oleh Michal Tatarynowiczwrote, seorang programmer asal Polandia. Ia menerbitkan framework CakePHP di bawah lisensi MIT. Pada bulan Desember 2005 , L. Masters dan GJ Woodworth mendirikan Yayasan Cake Software untuk mempromosikan pengembangan yang berkaitan dengan Framework CakePHP. Dan pada Mei 2006, framework CakePHP Version 1.0 dirilis.

CakePHP menjadi salah satu framework yang memungkinkan seorang developer web untuk membuat aplikasi dengan karakter pengembangan RAD (Rapid Application Development), yang memungkinkan untuk digunakan dan dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih kompleks. CakePHP sendiri mempunyai hubungan darah dengan Ruby on Rails, yaitu framework bahasa Ruby.

CakePHP sangat baik untuk membuat aplikasi web yang memerlukan tingkat keamanan yang tinggi, karena memiliki banyak fitur keamanan bawaan seperti validasi masukan, pencegahan SQL Injection, pencegahan XSS (cross-site scripting), pencegahan CSRF (cross-site request forgery), dan lain sebagainya.

Framework ini berada di urutan ke empat sebagai framework PHP paling populer berdasarkan pada situs Stack Overflow, dengan jumlah tag "CakePHP" sebanyak 29395 tag. Di Indonesia sendiri Framework ini belum begitu sepopuler Laravel dan CodeIgniter, tetapi bukan berarti pengguna framework ini di Indonesia sedikit.

Untuk mempelajari framework ini, kalian harus banyak-banyak baca tutorial dalam bahasa Inggris, karena tutorial dalam bahasa Indonesia belum begitu banyak.

Menurut penulis, framework ini lumayan sulit di pahami ketika baru berkenalan terutam jika masih awam dalam pemrograman berorientasi objek. Namun jika sudah paham konsep dasarnya, saya yakin pasti kalian menganggap framework ini cukup mudah dan simpel.

Jadi kesimpulan yang bisa saya berikan kepada teman-teman yang masih bingung ingin menggunakan Framework yang mana. kalian cukup pelajari satu saja dulu, jika sudah bisa satu baru beralih ke framework lainnya.

Menurut saya, dari ke empat framework diatas, CodeIgniter adalah framework paling mudah dipelajari bagi pemula. Namun jika kamu ingin Framework yang lebih banyak fitur powerfull, maka kamu bisa menggunakan CakePHP, Laravel atau Symfony.

Namun CakePHP dan Symfony jika dibandingkan Laravel, belum memiliki begitu banyak tutorial dalam bahasa Indonesia. Bahkan jumlah tutorial kedua framework ini di youtube, belum begitu banyak dibandingkan Laravel, baik itu dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Sekian dari saya semoga artikel ini bisa bermanfaat, terikma kasih.

1 comment

  1. thanks