;

Memasukkan Data Referensi Kedalam Aplikasi Reference Manager Mendeley

Memasukkan Data Referensi Kedalam Aplikasi Reference Manager Mendeley

Pastikan anda telah memiliki akun login mendeley, jika belum silahkan registrasi terlebih dahulu. cara registrasi akun mendeley 

Jika anda belum menginstal aplikasi silahkan instal terlebih dahulu. cara menginstal aplikasi mendeley

Silahkan buka aplikasi mendeley yang telah anda instal, lalu login menggunakan akun yang anda punya.



berikut ini adalah tampilan halaman mendeley saya.



Agar medeley bisa terhubung dengan microsoft word, pada menu “tools”, pilih “Install MS Word Plugin” untuk menginstal plugin mendeley ke microsoft word. Pada gambar dibawah tertulis “Uninstall MS Word Plugin” karena saya telah selesai mengistal plugin tersebut sebelumnya.




Untuk menambahkan dokumen baru, silahkan pilih menu “File”, lalu pilih “Add Files”. Ingat dokumen yang anda tambahkan adalah dokumen yang anda jadikan rujukan dalam penelitian anda. Biasanya berupa jurnal penelitian.



Pilih file yang ingin anda masukkan, lalu pilih “open”.



Secara otomatis, data dokumen seperti, judul penelitian, nama penulis, tahun, nama jurnal dan sebagainya akan terisi otomatis. Namun seringkali informasi yang tampil tidak sesuai. Oleh karena itu anda perlu mengedit manual data dokumen tersebut. Data dokumen dapat di lihat dan di edit pada bagian kanan aplikasi, dengan memilih dokumen yang dimaksud terlebih dahulu.



Type adalah jenis sumber referensi anda, apakah dari jurnal, buku, laporan dan sebagainya.
Informasi yang bergaris tebal adalah judul penelitian.

Authors adalah penulis, pastikan menulis nama belakang terlebih dahulu, kemudian pisahkan dengan tanda koma (,) lalu nama depan. Jika penulis lebih dari 1, pisahkan dengan enter.



Gambar dibawah menampilkan data yang perlu anda isi, data tersebut tidak harus di isi semua. Setidaknya terdapat judul, nama penulis dan tahun.



Jika sumber referensi tidak berasal dari jurnal atau file pdf, misalnya dari buku. Tambahkan data dengan cara memilih menu tombol “add”, lalu memilih pilihan “add entry manually”.



Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, silahkan pilih sumber referensi anda.



Jika memilih buku, maka form data yang muncul adalah seperti gambar berikut. Silahkan isi formnya. Sekali lagi, semua form tidak harus terisi. Isi saja informasi yang penting penting.



jika file referensi telah anda masukkan kedalam aplikasi mendeley, maka anda sudah bisa menggunakannya untuk membuat citation dan daftar isi otomatis.. silahkan baca tutorial berikut
membuat citation dan daftar isi otomatis dengan mendeley

Comments