;

Definisi Software Testing dan Tujuan Dilakukannya Software Testing

Definisi Software Testing dan Tujuan Dilakukannya Software Testing





Mengenai definisi dari software testing (pengujian perangkat lunak), terdapat beberapa definisi yang kemudian dapat dijadikan acuan. Yaitu diantaranya adalah :

Dua definisi testing oleh IEEE Std 610,12 (IEEE, 1990):
Proses mengoperasikan suatu sistem atau komponen dalam kondisi tertentu, mengamati atau hasil rekaman, dan membuat evaluasi dari beberapa aspek dari sistem atau komponen.
Proses menganalisa item software untuk mendeteksi perbedaan antara kondisi yang ada dan yang diperlukan (suatu bug) dan mengevaluasi fitur dari setiap item software.


Menurut Galin:
Software tesing adalah proses formal yang dilakukan oleh tim pengujian khusus di mana suatu unit perangkat lunak, beberapa unit perangkat lunak yang terintegrasi atau seluruh paket perangkat lunak diperiksa dengan menjalankan program pada komputer. Semua tes yang terkait dilakukan sesuai dengan prosedur pengujian yang disetujui pada kasus uji yang disetujui.

Sedangkan tujuan software testing dapat dibagi menjadi tujuan langsung dan tujuan tidak langsung, yaitu :

Tujuan langsung :
• Untuk mengidentifikasi dan mengungkapkan kesalahan sebanyak mungkin dalam software yang diuji.
• Untuk membawa software yang yang diuji ke tingkat kualitas yang dapat diterima, setelah kesalahan yang diidentifikasi dikoreksi dan di testing ulang.
• Untuk melakukan tes yang diperlukan secara efisien dan efektif, dalam keterbatasan anggaran dan penjadwalan.

Sedangkan tujuan tidak langsungnya adalah :
• Untuk mengkompilasi catatan kesalahan software untuk digunakan dalam pencegahan kesalahan (oleh tindakan koreksi dan pencegahan).

"Jika tujuan Anda adalah untuk menunjukkan tidak adanya kesalahan Anda tidak akan menemukan banyak. Jika tujuan Anda adalah untuk menunjukkan adanya kesalahan, Anda akan menemukan sebagian besar dari mereka." (Myers, 1979)

Fakta bahwa software yang bebas bug adalah merupakan sesuatu yang utopis (tidak mungkin / khayal / sulit diwujudkan).

Oleh karena itu, lebih dipilih ungkapan "tingkat kualitas yang dapat diterima", yang berarti bahwa persentase tertentu dari bug, dapat ditoleransi untuk pengguna, akan tetapi tidak teridentifikasi setelah instalasi software.

Persentase ini jelas bervariasi oleh paket software dan pengguna, tetapi harus lebih rendah untuk paket risiko kegagalan yang tinggi.

Comments