;

Operasi Matematika Dasar pada Matriks dengan C++


Matriks adalah himpunan skalar (bilangan riil atau kompleks) yang dibatasi tanda kurung yang berbentuk persegi panjang dan disusun menurut baris dan kolom. Skalar-skalar yang menyusun baris ataupun kolom dari suatu matriks disebut elemen-elemen dari matriks.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa disimpulkan bahwa syarat suatu adalah:
a. Berbentuk persegi panjang dan ditempatkan dalam kurung biasa atau kurung siku.
b. Unsur-unsurnya terdiri dari bilangan-bilangan.
c. Mempunyai baris dan lajur (kolom).

Matrik disebut juga tabel lajur yang memiliki indeks baris dan indeks kolom. Bentuk matrikss yaitu : Nama matriks = (indeks baris, indeks kolom)

Berikut ini program C++ yang telah saya buat :



dan apabila di kompile maka hasilnya seperti gambar berikut



perlu anda ketahui kompiler yang saya gunakan adalah code block 13.10 dan os yang saya gunakan adalah ubuntu 14.04.....

mungkin demikian yang bisa saya bagi malam ini semoga bermanfaat sekian dan terima kasih


wassalamu alaikum wr wb

4 comments

  1. Wah kemarin adik kelas ada yang nyari ini nih, thank's sudah share :)

  2. hmmm, ini untuk apa ya gan? saya kurang maksud

    1. maksudnya... coding ini berguna untuk mengalikan, mengurangkan dan menjumlahkan tiap elemen dalam matriks... kan didalam matriks terdiri dari tiap elemen... misal matrik 2x2 maka elemen yg ada adalah 11,12,21, dan 22.. nah setiap elemen itulah yang akan di jumlah, dikali, dan dikurangkan sesuai aturan dalam matriks

  3. keren